Sunday, September 4, 2011

Prinsip Gestalt Memainkan Psikologi Kita

   Gestalt merupakan salah satu cabang dari ilmu dibidang psikologi yang mempelajari suatu gejala sebagai suatu keseluruhan atau totalitas. Pada dasarnya stimulus mengandung dua atau lebih daerah yang berbeda, biasanya akan dilihat bagian lain sebagai gambar atau sosok dan sisanya sebagai latar belakang. Daerah yang terlihat pada gambar berisi obyek yang menjadi pusat perhatian. Inilah bentuk yang paling dasar dimana manusia mempunyai persepsi tersebut yang akan berusaha membedakan objek dari latar. Dalam keadaan yang sama, objek dan latar  belakang dapat ditukarkan sehingga menghasilkan suatu hubungan yang bersifat ambigu atau mendua.

Aplikasi Prinsip Gestalt
   Prinsip Gestalt yang merupakan bagian dari persepsi visual yang dimana desain atau iklan menampilakan unsul visual. Prinsip Gestalt merupakan teori yang baku, namun tidak mengikut sertakan faktor-faktor penting lainnya seperti gaya hidup masyarakat, lingkungan fisik sekitar, hukum yang berlaku dan etika-etika yang tidak tertulis, semuanya ini adalah faktor-faktor penting lainnya yang sadar atau tidak sadar berperan dalam kreativitas visual.
    Dalam beberapa prinsip gestalt prinsip penutupan/ closure, misalnya Logo yang dipakai untuk merek produk yang cukup dikenal oleh masyarakat, biasa digunakan untuk menguji apakah konsumen atau masyarakat masih mengingat merek/ brand sebuah produk tersebut. Pada prinsip ini konsumen akan cenderung melanjutkan atau mengisi bidang yang terputus ketika visual yang ditampilakan pada sebuah logo/ iklan tidak lengkap.
     Prinsip Gestalt sangat membantu sebagai metode visual, dari perkembangan strategi visual desain grafis serta desain komunikasi visual  seperti pada iklan hingga saat ini.

Berikut adalah beberapa contoh prinsip-prinsip gestalt :
1. Prinsip similarity
   Yaitu menunjukkan bahwa obyek yang sama akan terlihat secara bersamaan sebagai kelompok, hal ini dapat ditentukan lewat bentuk, warna, arah maupun ukuran.

iklan versus
iklan skinwhite
2. Prinsip Figure and Ground
            Yaitu menganggap bahwa setiap bidang pengamatan dapat dibagi dua yaitu figure (bentuk) dan ground (latar belakang).


poster film the family that preys

poster dont-abuse-childs
3. Prinsip Proximity
            Yaitu bahwa unsur-unsur yang saling berdekatan (baik waktu maupun ruang) dalam bidang pengamatan akan dipandang sebagai satu bentuk tertentu.

iklan heineken

iklan heineken
4. Prinsip Closure
    Bahwa orang cenderung akan mengisi kekosongan suatu pola obyek atau pengamatan yang tidak lengkap. Orang akan cenderung melihat suatu obyek dengan bentukan yang sempurna dan sederhana agar mudah diingat.

iklan surat kabar KR 

billboard ponds



 


1 comment:

thank to visit my blog ^^