Gestalt merupakan salah satu cabang dari ilmu dibidang psikologi yang mempelajari
suatu gejala sebagai suatu keseluruhan atau totalitas. Pada
dasarnya stimulus mengandung dua atau lebih daerah yang berbeda, biasanya akan
dilihat bagian lain sebagai gambar atau sosok dan sisanya sebagai latar belakang.
Daerah yang terlihat pada gambar berisi obyek yang menjadi pusat perhatian.
Inilah bentuk yang paling dasar dimana manusia mempunyai persepsi tersebut yang
akan berusaha membedakan objek dari latar. Dalam keadaan yang sama, objek dan
latar belakang dapat ditukarkan
sehingga menghasilkan suatu hubungan yang bersifat ambigu atau mendua.
Aplikasi Prinsip Gestalt
Prinsip Gestalt yang merupakan bagian dari persepsi visual yang
dimana desain atau iklan menampilakan unsul visual. Prinsip Gestalt merupakan
teori yang baku, namun tidak mengikut sertakan faktor-faktor penting lainnya
seperti gaya hidup masyarakat, lingkungan fisik sekitar, hukum yang berlaku dan
etika-etika yang tidak tertulis, semuanya ini adalah faktor-faktor penting
lainnya yang sadar atau tidak sadar berperan dalam kreativitas visual.
Dalam beberapa prinsip gestalt prinsip penutupan/ closure, misalnya
Logo yang dipakai untuk merek produk yang cukup dikenal oleh masyarakat, biasa
digunakan untuk menguji apakah konsumen atau masyarakat masih mengingat merek/
brand sebuah produk tersebut. Pada prinsip ini konsumen akan cenderung
melanjutkan atau mengisi bidang yang terputus ketika visual yang ditampilakan
pada sebuah logo/ iklan tidak lengkap.
Prinsip Gestalt sangat
membantu sebagai metode visual, dari perkembangan strategi visual desain grafis
serta desain komunikasi visual seperti pada iklan hingga saat ini.
Berikut
adalah beberapa contoh prinsip-prinsip gestalt :
1. Prinsip similarity
Yaitu menunjukkan bahwa obyek yang sama akan
terlihat secara bersamaan sebagai kelompok, hal ini dapat ditentukan
lewat bentuk, warna, arah maupun ukuran.
iklan versus |
iklan skinwhite |
2. Prinsip Figure and Ground
Yaitu
menganggap bahwa setiap bidang pengamatan dapat dibagi dua yaitu figure
(bentuk) dan ground (latar belakang).
poster film the family that preys |
poster dont-abuse-childs |
3. Prinsip
Proximity
Yaitu
bahwa unsur-unsur yang saling berdekatan (baik waktu maupun ruang) dalam bidang
pengamatan akan dipandang sebagai satu bentuk tertentu.iklan heineken |
iklan heineken |
4. Prinsip
Closure
Bahwa orang cenderung akan mengisi kekosongan
suatu pola obyek atau pengamatan yang tidak lengkap. Orang akan cenderung
melihat suatu obyek dengan bentukan yang sempurna dan sederhana agar mudah
diingat.
iklan surat kabar KR |
billboard ponds |
Cool.... :)
ReplyDeleteBlog Walking... http://reynandoaz.blogspot.com/
terimakasih kak...blognya membantu banget
ReplyDeletesama-sama
Delete